Perkembangan Teknologi Media Dan Komunikasi Massa Cetak

Media massa merupakan salah satu alat dalam proses komunikasi massa, karena media massa mampu menjangkau khalayak yang lebih luas dan relatif lebih banyak, heterogen, anonim, pesannya bersifat abstrak dan terpencar.

Kedudukan Media Massa

Membangun Peradaban Manusia

    Media massa merupakan salah satu saran untuk pengembangan kebudayaan, bukan hanya budaya dalam pengertian seni dan simbol tetapi juga dalam pengertian pengembangan tata-cara, mode, gaya hidup dan norma-norma. (dennis Mcquail,1987:1).

Tingkat Kredibilitas

      Informasi yang disampaikan di media massa pada umumnya dinilai masyarakat memiliki kredibilitas yang tinggi, sehingga apa yang diungkapkan dianggap suatu kebenaran yang ada di masyarakat. informasi tersebut juga mampu mempengaruhi pikiran, perasaan, sikap, dan prilaku manusia. karena itu media massa dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan peran atau aspirasi dari berbagai pihak, pemerintah, masyarakat dan termasuk organisasi (wardhani 2008:7).

Pengaruh Global

     Media massa dalam masyarakat informasi memiliki peranan yang sangat penting. perubahan kebijakan politik, social, ekonomi dan pertahanan keamanan dibanyak negara, menarik perhatian masyarakat dunia baik langsung dan tidak langsung terungkap melalui media massa, cetak dan elektronik.

Peran Media Massa

      Media merupakan sarana bagi komunikasi dalam menyiarkan informasi, gagasan, dan sikap kepada komunikan yang beragam dalam jumlah yang banyak. Asumsi ini didukung oleh McQuail dengan mengemukakan pemikirannya tentang media massa:

1. Media merupakan industri yang berubah dan berkembang yang menciptakan lapangan kerja, barang dan jasa, serta menghidupkan industri lain yang terkait, media juga merupakan industri sosial lainnya, di lain pihak, institusi diatur oleh masyarakat.

2. Media massa merupakan sumber kekuatan alat kontrol, manajemen,dan inovasi dalam masyarakat yang dapat di daya gunakan sebagai pengganti kekuatan aau sumber daya lainnya.

3. Media merupakan lokasi atau forum yang semakin berperan, untuk menampilkan peristiwa-peristiwa kehidupan masyarakat, baik bertaraf nasional maupun internasional

4. Media sering sekali sebagai wahana pengembangan kebudayaan bukan saja dalam pengertian pengembangan entuk seni dan simbol, tetapi juga dalam pengertian pengembangan tata cara, mode, gaya hidup, dan norma-norma.

5. Media telah menjadi sumber dominan bukan saja bagi individu untuk memperoleh gambaran dan citra realitas sosial, tetapi juga bagi masyarakat dan kelompok secara kolektif, media menyuguhkan nilai-nilai dan penilaian normatif yang disuguhkan dengan berita dan hiburan.

Kekuatan media massa

    Media massa diyakini mempunyai kekuatan yang dahsyat untuk mempengaruhi sikap dan perilaku masyarakat. bahkan media massa bisa mengarahkan masyarakat seperti apa yang akan dibentuk di masa yang akan datang. media massa mampu mengarahkan, membimbing dan mempengaruhi kehidupan di massa kini dan massa mendatang.


Media Dalam Komunikasi Massa

Pengaruh Media Massa

     Marshall MCluhan pada tahun 1962 dengan tulisannya The Gutterberg Galaxy : the making of typographic man yang menjadi dasar munculnya technological determination theory, mengatakan bahwa ide dasar teori ini adalah bahwa perubahan yang terjadi pada berbagai macam cara berkomunikasi akan membentuk pula keberadaan manusia itu sendiri.

fungsi-fungsi media massa :

Dalam buku media relations, fungsi media massa secara universal yaitu

1. fungsi menyiarkan informasi ( to inform )

2. fungsi mendidik ( to educate )

3. fungsi menghibur ( to entertain )

4. fungsi mempengaruhi ( to influence )


Unsur-unsur dan karakteristik media massa :

1. publisitas, disebarkan kepada khalayak

2. universalitas, kesannya bersifat umum

3. perioditas, tetap atau berkala

4. kontinuitas, berkesinambungan

5. aktualitas, berisi hal hal baru (romly, 2002:5-6)


Media massa cetak dari segi formatnya dibagi menjadi enam yaitu:

1. koran atau surat kabar

media cetak yang terbit setiap hari secara teratur. tulisannya berbentuk berita, artikel, feature, tajuk.

2. majalah


















Komentar