Aplikasi Teknologi komunikasi Interaktif

Hi.......Materi kali ini tentang

                                              Aplikasi Teknologi Komunikasi Interaktif

Adalah penggunaan atau penerapan metode teknologi komunikasi yang berfungsi sebagai memberi informasi dan gagasan, bersifat saling mempengaruhi manusia yang satu dengan yang lain. 
Aplikasi telnologi komunikasi interaktif sebagai penunjang :

Enterpreneurship
    Entrepreneurship dikenal juga dalam bahasa Indonesia sebagai kewirausahaan. Selain itu, pengertian entrepreneurship dikenal juga sebagai suatu istilah yang memiliki makna berkaitan dengan keberanian, kreativitas serta inovasi.
    Secara umum, entrepreneurship juga merupakan suatu proses penerapan inovasi serta kreativitas dalam menciptakan sesuatu yang berbeda juga memiliki nilai serta kemampuan dalam menghadapi tantangan hidup dengan cara melihat peluang dari berbagai resiko serta ketidakpastian demi mencapai suatu keuntungan dan pertumbuhan.

Konsep SMCRE
- Sender : Industri atau perusahaan yang membuat produksi
- Message : Produk yang ditawarkan 
- Channel : Media internet (sosial media atau mass media)
- Reciever: Konsumen yang menerima informasi dari sender
- Effect : Konsumen mengirim feedback kepada sender dan memungkinkan proses kegiatan ekonomi

Jurnalistik
    Jurnalistik adalah pengumpulan bahan berita (peliputan), pelaporan peristiwa (reporting), penulisan berita (writing), penyuntingan naskah berita (editing), dan penyajian atau penyebarluasan berita (publishing/broadcasting) melalui media.

Konsep SMCRE
- Sender : Perusahaan redaksi berita
- Message : Berita yang telah ditentukan oleh sender
- Channel : Electronic new gathering (ENG) and satelite news gathering (SNG)
- Reciever : Pembaca
- Effect : Perasaan pembaca setelah membaca berita tersebut

Public Relationship
    Banyak pengertian yang menjelaskan bahwa public relation atau humas ini adalah proses interaksi antara organisasi dengan masyarakat dalam menciptakan opini publik, memberikan persepsi, menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi, dan menciptakan partisipasi publik. Proses ini mempunyai tujuan yaitu untuk saling menguntungkan, menanamkan keinginan yang baik, sehingga muncul citra yang baik dari publik terhadap perusahaan.
    Definisi lain dari public relation adalah sebagai suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dan secara sengaja untuk membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara perusahaan dan masyarakat secara umum.

Konsep SMCRE
- Sender : Perusahaan yang menggunakan jasa PR
- Message : Berita yang telah ditentukanoleh sender
- Channel : Media berupa e-mail ataupun website
- Reciever : Pencarian informasi
- Effect : Perasaan pencari informasi setelah mendapatkan jawaban dari PR tersebut


Marketing
    Marketing adalah upaya untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan. Upaya tersebut dilakukan dengan beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan, hingga strategi pengembangan produk. 
    Pada praktiknya, marketing sering dimulai dengan melakukan riset pasar dan melakukan analisis kebutuhan konsumen sesuai buyer persona mereka. Namun, meskipun kedua hal tersebut bisa terus dilakukan, penting untuk terus menggunakan strategi marketing yang up-to-date seiring perkembangan zaman.

Jenis-Jenis Marketing :
- Outbound Marketing
- Inbound Marketing
- Digital Marketing
- Search Marketing
- Content Marketing
- Sosial Media Marketing
- Video Marketing
- Voice Marketing


Iklan 
    Iklan adalah suatu hal yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk. Lebih lengkapnya, iklan merupakan sebuah pesan yang disampaikan ke publik dengan tujuan untuk memengaruhi publik dan mengajak mereka untuk membeli suatu produk atau menggunakan layanan jasa tertentu.
    Iklan tidak selalu bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, melainkan juga dapat digunakan untuk mengajak seseorang melakukan suatu hal. Misalnya, ajakan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik,

Konsep SMCRE
- Sender : Perusahaan yang menggunakan jasa iklan 
- Message : Iklan yang ditentukan oleh sender
- Channel : Agency advertising yang menggunakan media tertentu sesuai keinginan sender
- Reciever : Penerima dan pencari informasi 
- Effect : Perasaan penerima dan pencari infomasi setelah mengatahui iklan tersebut 





















Komentar